ABSTRACT
Muhammad Fadli Ferdiansyah 44207071. "The Meaning of Family
Communication in the Visual Narrative and Lyrics of the Song entitled Wasted in Time by Barasuara." Thesis entitled "The Meaning of Family Communication in Visual Narrative and Lyrics of the Song Titled Terbuang Dalam Waktu by Barasuara". This video clip and song are told about a life journey full of challenges and changes and erasing memories or keeping them in every memory, wrapped in a good emotional bond between a child and a parent. By analyzing this video clip, the author aims to find out and understand how the message of the meaning of family communication from the actors involved, so that the audience can give a touching impression in watching and listening to the video clip. Furthermore, this study uses Charles Sanders Pierce's semiotic approach to be able to explore the symbols of the message of the meaning of the sign (sign or Represetamen), the reference of the sign (object), and the use of the sign (Interpretant) that underlies the message in the video clip. This theory is used to analyze how certain scenes are designed to convey an emotional narrative that is not only seen in the expressions and movements of the characters, but also through visual narrative elements that support the story. Then it is further linked to the family communication theory of Yerby, Buerkel-Rothfuss & Bochner. This research is expected to provide insight for readers in interpreting the message of family communication in depth in the video clip "Terbuang Dalam Waktu" by Barasuara. Keywords: Video Clip "Terbuang Dalam Waktu" by Barasuara, Meaning of Family Communication, Visual Narrative and Song Lyrics, Semiotics
ABSTRAK
Muhammad Fadli Ferdiansyah 44207071. “Makna Komunikasi Keluarga dalam Narasi Visual dan Lirik Lagu Berjudul Terbuang Dalam Waktu Karya Barasuara’’. Skripsi dengan judul “Makna Komunikasi Keluarga dalam Narasi Visual dan Lirik Lagu Berjudul Terbuang Dalam Waktu Karya Barasuara”. Video klip dan lagu ini dikisahkan tentang perjalanan hidup yang penuh tantangan dan perubahan serta menghapus kenangan atau menjaga dalam setiap memori, dibalut dengan ikatan emosional yang baik antara seorang anak dan orang tua. Dengan menganalisis video klip ini, penulis bertujuan untuk mencari tahu dan mengetahui bagimana pesan makna komunikasi keluarga dari aktor yang terlibat, sehingga penonton dapat memberikan kesan haru dalam menyaksikan dan mendengarkan video klip tersebut. Selanjutnya penelitian ini menggunakan pendekatan semiotika Charles Sanders Pierce untuk dapat mengeksplorasi simbol-simbol pesan makna tanda (sign atau Represetamen), acuan tanda (objek), dan penggunaan tanda (Interpretant) yang melatarbelakangi pesan dalam video klip tersebut. Teori ini digunakan untuk menganalisis bagaimana adegan-adegan tertentu dirancang agar dapat menyampaikan narasi emosional yang tidak hanya terlihat pada ekspresi dan gerakan para tokoh, tetapi juga melalui elemen narasi visual yang mendukung cerita. Lalu selanjutnya mengaitkan dengan teori komunikasi keluarga Yerby, Buerkel-Rothfuss & Bochner. Penelitian ini diharapkan memberikan wawasan bagi para pembaca dalam memaknai pesan komunikasi keluarga secara mendalam pada video klip “Terbuang Dalam Waktu” Karya Barasuara. Kata Kunci: Video Klip “Terbuang Dalam Waktu” Karya Barasuara, Makna Komunikasi Keluarga, Narasi Visual dan Lirik Lagu, Semiotika
Full_Text Skripsi Makna Komunikasi Keluarga Dalam Narasi Visual dan Lirik Lagu Berjudul "Terbuang Dalam Waktu" Karya Barasuara
Abdull Riski, U. (2024). REPRESENTASI KASIH SAYANG AYAH PADA
ANAK DALAM VIDEO KLIP “SAAT KAU TELAH MENGERTI” (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PIERCE). CARAKA: Indonesia Journal of Communication, 5(2), 191–204. https://doi.org/10.25008/caraka
Andaryani, E. T. (2019). PENGARUH MUSIK DALAM MENINGKATKAN MOOD BOOSTER MAHASISWA THE EFFECTS OF MUSIC IN IMPROVING STUDENT’S MOOD BOOSTER. https://doi.org/10.7592/musikolastika.v1i2.31
Affa Iztihana, M. A. (2020). Peran Pustakawan MTs N 1 Jepara Dalam Upaya Mengembangkan Minat Kunjungan Siswa Pada Perpustakaan.
Alfansyur, A. (2020). SENI MENGELOLA DATA: PENERAPAN TRIANGULASI TEKNIK INFO ARTIKEL ABSTRAK. 5(2), 146–150.
https://doi.org/10.31764/historis.vXiY.3432
Almira Rahma, A. (2023). Keterlibatan Audiens Dalam Narasi Visual Video Musik
Berbasis Virtual Reality. CandraRupa : Journal of Art, Design, and Media, 2(1), 39–44. https://doi.org/10.37802/candrarupa.v2i1.319
Arianto Bambang, S. E. , M. A. , M. Ak. , A. (2024). Triangulasi Metoda Penelitian Kualitatif. Cakraningrat, D. R., Herwandito, S., Krisnawati, E., Kristen, U., & Wacana, S. (2024). ANALISIS SEMIOTIKA PESAN KEBAHAGIAAN PADA VIDEO KLIP “PASTIKAN RIUH AKHIRI MALAMMU” KARYA PERUNGGU. 6(2). https://youtu.be/K1RepjSXQV8?si=w7rRC3
Desiana, Z., Rifatah, M. F., & Sahputra, D. (2022). Komunikasi Verbal dan NonVerbal Sales Promotion Girl dalam Proses Pemasaran Produk Rokok. Tabularasa: Jurnal Ilmiah Magister Psikologi, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.31289/tabularasa.v4i1.638Efendi, E., Siregar, I. M., & Harahap, R. R. (2023). Semiotika Tanda dan Makna. Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting,4(1),154–163. https://doi.org/10.47467/dawatuna.v4i1.3329
Effendi, A., Wijaya, A., Sendy, I., Sekolah, A., Keguruan, T., Pendidikan, I., Muhammadiyah, P., Alam, S., & Selatan, I. (2024). Analisis Gaya Bahasa Lirik Lagu Band Payung Teduh Dalam Album Dunia Batas (Kajian Stilistika) Analysis of Language Style of The Lyrics of The Band Payung Teduh Song in The Album Dunia Batas (Stilistic Study). https://doi.org/10.26499/mm.v23i1.6701
Eko Prasetyo, M., Hugo Bima Wicaksana, I., Scientia Boulevard Gading, J., Sangereng, C., & Tangerang, K. (n.d.). Analisis Formal Secara Visual Pada Video Musik “Saat Kau Telah Mengerti” Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Multimedia Nusantara. https://www.youtube.com/watch?v=bHvkNPP8P3o]
Everell, F., Delliana, S., Komunikasi, I., Komunikasi dan Humaniora, F., & Kalbis Jalan Pulomas Selatan Kav, U. (2024). Makna Warna Merah dan Putih dalam Video Klip “Hingga Tua Bersama” Rizky Febian. In KALBISIANA : Jurnal Mahasiswa Universitas Kalbis (Vol. 10, Issue 2). Erlangga Yudha, U. W. I. A. (2021). KONSTRUKSI NILAI ROMANTISME DALAM LIRIK LAGU (ANALISIS SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE PADA LIRIK LAGU “MELUKIS SENJA”). In JULI (Vol. 4, Issue 2).
Eya, G. (2014). Buku Dunia Musik: SAINS-MUSIK UNTUK KEBAIKAN HIDUP.PENERBIT NUANSA CENDEKIA.
Fitriani, Y. (2021). Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PENYAJIAN KONTEN EDUKASI ATAU PEMBELAJARAN
DIGITAL. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 5(4), 1006–1013. https://doi.org/10.52362/jisamar.v5i4.609
Harnia, N. T. (2021). ANALISIS SEMIOTIKA MAKNA CINTA PADA LIRIK LAGU “TAK SEKEDAR CINTA” KARYA DNANDA. Jurnal Metamorfosa, 9(2), 224. Juna Irawana, T. (2019). EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN SENI MUSIK SERTA HUBUNGAN PENGGUNAAN PENDIDIKAN SENI MUSIK UNTUK MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3). https://edukatif.org/index.php/edukatif/index
Khafi, A. A. D., & Febriana, P. (2024a). Analisis Semiotik Video Sal Priadi MesraMesraannya Kecil-Kecilan Dulu. Jurnal Bahasa Daerah Indonesia, 1(1), 18. https://doi.org/10.47134/jbdi.v1i1.2710
Khafi, A. A. D., & Febriana, P. (2024b). Analisis Semiotik Video Sal Priadi MesraMesraannya Kecil-Kecilan Dulu. Jurnal Bahasa Daerah Indonesia, 1(1), 18. https://doi.org/10.47134/jbdi.v1i1.2710
Kristiani, R. (2023). ANALISIS SEMIOTIKA PESAN SOSIAL DALAM VIDEO KLIP LAGU “HALU” FEBY PUTRI. www.skizofenia.com.
Maharani, B. I., Amami, N. I., & Zulfa, C. (2024). Analisis Lirik dan Visual pada Video Klip COCOTE (Tolong Dikondisikan) Siti Badriah x RPH (Kajian Semiotika). Jurnal Sosial Dan Humaniora, 1, 292–300. https://doi.org/10.62017/arima
Marliana, R., & Indihadi, D. (2020). PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Teknik Brainstorming Pada Model Pembelajaran Menulis Teks Narasi (Vol. 7, Issue 2).
http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index
Monadia, S. M. (2023). JENIS MAKNA PADA PENAMAAN MENU MAKANAN UNIK DI KAFE DAN WARUNG KOTA LHOKSEUMAWE (KAJIAN SEMANTIK). Manesah Dani, U. (2024). Analisis Tone Warna Dalam Sinematografi Dalam Menciptakan Efek Bahagia Pada Film Dokumenter “ Permata Di Tengah Danau Toba” Sutradara Andi Hutagalung Teruna Satria Putra (Vol. 1, Issue 2).
Mulyaningsih, I. (2023). Kebiasaan Berbahasa di Media Sosial: Kajian Psikolinguistik. Aksara, 35(1), 106. https://doi.org/10.29255/aksara.v35i1.1237.106--115
Napitupulu, E. E., Mia, R., & Toruan, L. L. (2023). Efektivitas Komunikasi Verbal Dan Non Verbal Dalam Komunikasi Antarbudaya Progam Studi Ilmu Komunikasi Universitas Sari Mutara Indonesia. Jurnal Teknologi, Kesehatan & Ilmu Sosial, 5(2), 252–262. http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/tekesnos
Naser, M. (n.d.). PERAN YOUTUBE SEBAGAI WADAH KONTEN KREATOR MUSIK DI FAKULTAS SENI DAN DESAIN UNIVETRSITAS NEGERI MAKASSAR. Nikmatus Shalekhah, yun, Desain, J., & Bahasa dan Seni, F. (2021a). ANALISIS
SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PADA POSTER FILM PARASITE VERSI
NEGARA INGGRIS. Jurnal Barik, 2(1), 54–66. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/
Nikmatus Shalekhah, yun, Desain, J., & Bahasa dan Seni, F. (2021b). ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PADA POSTER FILM PARASITE VERSI NEGARA INGGRIS. Jurnal Barik, 2(1), 54–66.
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/
Prasetya, L. T. (2022). Representasi Kelas Sosial Dalam Film Gundala (Analisis Semiotika Roland Barthes). Jurnal Audiens, 3(3), 91–105.
https://doi.org/10.18196/jas.v3i3.12697
Rahman, M., Nursyabilah, I., Astuti, P., Irfan Syam, M., Mukramin, un, Ode Ingra Kurnawati, W., Muhamamdiyah Makassar, U., Sultan Alauddin No, J., Sari, G., Rappocini, K., Makassar, K., & Selatan, S. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran. Journal on Education, 05(03).
Rani Asnurida. (2024, July 26). Biodata dan Profil Barasuara, Pengisi Acara Pestapora2024".IDNTIMES.
https://www.idntimes.com/hype/entertainment/alaya-vrida/biodata-dan-profilbarasuara?page=all
Rezeki Filza, N. H. Z. (2023). ANALISIS TEKNIK SINEMATOGRAFI DALAM VIDEOKLIP “TILL WE MEET AGAIN.” In JISOS Jurnal Ilmu Sosial (Vol. 2, Issue 2). http://bajangjournal.com/index.php/JISOS
Rijal Fadli, M. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1
Rizki; Andreas. (2024). REPRESENTASI MASYARAKAT URBAN DALAM VIDEO KLIP TAKUT KARYA IDGITAF (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES).
Rozali, Y. A. (2022). PENGGUNAAN ANALISIS KONTEN DAN ANALISIS TEMATIK. In Penggunaan Analisis Konten dan Analisis Tematik Forum Ilmiah (Vol. 19). www.researchgate.net
Sabawana, B., Dayu, A., & Syadli, M. R. (2023). Memahami Konsep Semiotika Ferdinand De Saussure dalam
Komunikasi.http://ojs.uninus.ac.id/index.php/LANTERA/index
Salma, *, Salsabilla, J., & Salsabilla, S. J. (2023). Analisis Perubahan Makna Meluas (Generalisasi) Dan Perubahan Makna Total Dalam Media Sosial Instagram. Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(3), 19–33. https://doi.org/10.51903/bersatu.v1i3.243
Safarudin Rizal, Z. ,Martin K. ,Nana S. (2023). Penelitian Kualitatif.
Saptya, R., Permana, M., & Suzan, N. (2023). PERAN KOMUNIKASI DALAM KONTEKS HUBUNGAN KELUARGA (Vol. 5, Issue 1).
Saputra Andi, L. I. A. M. (2021). PERANCANGAN VIDEO MUSIK “SORRY” SEBAGAI MEDIA PROMOSI BAND BANNEDABSINTHXX. Jurnal Barik, 2(3), 111–122. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/